jump to navigation

Memasang Footstep Racing dan Rem Tromol 02/08/2010

Posted by Aa Ikhwan in Serba Modif Motor.
Tags: , ,
trackback

Hari demi hari…bulan demi bulan… tahun demi tahun…. semakin banyak aja nih “racun” modif buat motor vixi Aa Ikhwan. Maklum kl orang emang udh hobi modif.. tp modifnya masih setengah-setengah… tahap demi tahap sesuai budget untuk mencapai hasil yang maksimal Insya Allah.



Setelah sebelumnya Aa Ikhwan me-modif beberapa spare part buat Vixion seperti Velg Lebar, Ban Lebar, Gear belakang, Cover Cap Tank, Spion, trus penambahan 9Power (untuk 9 Power nanti ada pembahasannya sendiri ). Sampai pada akhirnya Aa Ikhwan mencoba untuk mengganti Footstep standar dengan Footstep Racing ( orang-orang lebih seneng menyebutnya dengan footstep underbone )

Tulisan tentang footstep racing ini akan di bagi beberapa bagian dari mencari barangnya, memasang, testing, sampai kesimpulan dari hasil test tersebut. sebelum di mulai yang pertama ini adalah gambar footstep rem dan footstep gigi standar bawaan Vixion ( Sebenernya ini aja udah sangat baik dan kokoh ) :

- Footstep Rem Standar

- Footstep Gigi Standar

1. Mencari Footstep Racing

Hal pertama yang Aa Ikhwan cari adalah Footstep racing yang murah meriah dan juga kuat untuk terpasang di Vixi dan akhirnya ketemu nih barang di kaskus :) beli sm bro Yudi (batang) – tegal, merk lokal punya :).

2. Pemasangan Footstep Racing

Siapkan Footstep Racing dan Tools untuk memasangnya, sebenarnya ada manual papernya di Footstep racing tersebut jadi sangat mudah untuk memasangnya, dengan adanya foto mungkin bisa lebih jelas ,

Tools yang paling banyak digunakan adalah kunci L untuk mengencangkan baut-baut ke delta box dan juga yang lainnya dan prosesnya pun sangatlah mudah, seperti gambar di bawah ini :

Footstep Racing – Operan Gigi

Kemiringan posisi operan gigi bisa diatur sesuka hati, tp Aa Ikhwan mencoba beberapa kemiringan malah ga bagus karena besi panjang untuk oper giginya akan menyentuh delta box, ato mungkin yang lain ga seperti itu bisa beda-beda mungkin tergantung jenis footstep racingnya.

Footstep Racing – Rem Belakang

Pemasangannya pun sangat mudah tinggal ikuti petunjuk, walaupun ga ada petunjuk pemasangannya pun kita bisa sendiri dengan insting hehe…

3. Testing Footstep Racing + Rem Tromol

Testing ini Aa Ikhwan lakukan kurang lebih selama 1 Minggu dengan keadaan rem belakang masih tromol ( Senin – Jum’at PP Tangerang – Sunter,… Sabtu – Minggu test di Tangerang aja )


Dengan rem belakang yang masih tromol, Aa Ikhwan mencoba mengakali supaya tarikan kawat rem belakang tersebut dapat menarik sejajar/lurus dengan besi penarik kawat tromol yang ada di footstep racing, tapi ternyata rem tidak berfungsi dengan baik, kalau jalan pelan mungkin masih bisa ngerem tp kl lagi kenceng terus di rem..alhasil motor masih jalan bro ampun dah ngeerii.

Akhirnya setelah 1 minggu testing berakhir dengn hasil yang tidak memuaskan alias tidak pakem, minggu pagi kemarin 01 Agustus 2010 Aa Ikhwan mencoba kembali dengan kawat rem baru (punya scorpio) dan posisi paha rem sekarang berada di atas,


Alhasil dengan perubahan paha rem dan kawat rem ke belakang ke atas, pengereman agak lumayan walaupun belum pakem he2.. karena kawat rem masih melentur dan rem footstep racing pun masih agak “membel” apalah bahasanya.. :) , sampe akhirnya Aa Ikhwan beli lagi kawat rem dan ke tukang las untuk dibuatkan penahan dari kawat rem juga dengan posisi menyilang agar kawat rem tidak melentur lagi, dan hasilnya pun…. masih sama..walaupun sudah lurus dan tidak lentur tetep aja pengereman tidk pakem.

4. Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman Aa Ikhwan tersebut, Aa Ikhwan berkesimpulan Footstep Racing sepertinya memang cocok untuk dipasangkan dengan Rem yang menggunakan piringan alias rem cakram, karena kalau tetep menggunakan rem tromol hasilnya tidak maksimal dalam pengeremannya. Mungkin keadaan ini bisa berbeda-beda dengan kawan-kawan lainnya yang udah pasang Footstep racing dengan rem tromol.

Walaupun test terakhir menghasilkan pengereman yang lebih baik dari sebelumnya, Aa Ikhwan merasa masih belum pakem… sepertinya Vixi Aa Ikhwan maunya pake rem cakram..hehehehe…. lanjutkan

Next Hunting : Rear Disk brake :)

Please komen-nya ato pengalamannya juga sarannya..ditunggu ya … untuk hasil yang lebih baik.

Thanks

Aa Ikhwan

About these ads

Comments»

1. admin - 10/03/2011

saya jg pernah pake di vixi dulu.ga pakem. skrg pny rr, mau ganti jg ragu,kalo kata saya pegel plus ngeri jdnya. padahal udah disc

Like this

Aa Ikhwan - 11/03/2011

^ Admin : iya bro ga pakem n bisa bahaya kl sedang kecepatan tinggi.

Like this

2. Irfan Vixigraphy - 30/05/2012

akhirnya dapet pencerahan dari om,. jadi lebih baik beli step racing+RDB yah om,. supaya lebih maksimal,. :D

Like this

Aa Ikhwan - 31/05/2012

pake step biasa jg bisa plus RDB :D

Like this

3. vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐, - 17/09/2012

aa, itu penyangga standar tengah ditaro dimana ?

Like this

Aa Ikhwan - 17/09/2012
vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐, - 17/09/2012

kalau di footstep racing pasang disitu juga? oh ya footstep AFNnya masih ada ga :mrgreen:

Like this

Aa Ikhwan - 17/09/2012

kykny msh ada di lokasi tersembunyi,..tp gak tau msh lengkap apa engga :D

Like this


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,418 other followers

%d bloggers like this: